Blogger SEO

Belajar HTML Yang Suka Ngoding

Saung Artikel Bangsa – Kalian suka ngoding? Baiklah kali ini saya akan membahas tentang HTML. Jangan lupa untuk menyiapkan sebuah minuman hangat ataupun dingin dengan cemilan yang kalian suka. Karena artikel ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk di pelajari. Belajar HTMl mungkin sudah di mengerti oleh sebagian para master tapi bagaimana dengan para newbie seperti saya ini? tentunya harus banyak belajar bukan. Artikel ini akan saya tulis sedetail mungkin untuk belajar HTML bagi para pengunjung setia Saung Artikel Bangsa.

Belajar HTML Yang Suka Ngoding
Sumber : Malas Ngoding 

Belajar HTML Part 1 : Pengertian HTML 

Belajar HTML Dasar Pengertian HTML

Apa itu HTML ? mungkin pertanyaan inilah yang terbersit pada benak anda yang baru mulai masuk kedalam dunia web programming. HTML merupakan bahasa pemograman dasar yang wajib di kuasai bagi seorang web developer. karena HTML merupakan unsur dasar dari pembangunan sebuah website. jika di ibaratkan HTML menjadi pondasi pada sebuah rumah atau bangunan. karena bentuk pada halaman website di buat menggunakan HTML. pada judul artikel Belajar HTML Part 1 : Pengertian HTML ini akan di jelaskan tentang pengertian dari HTML dan sekilas tentang sejarah HTML dan perkembangannya. oleh karena itu anda bisa menyimak artikel berikut ini tentang Pengertian HTML.

Pengertian HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa Mark Up yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. di dalam dunia pemograman berbasis website(Web Programming) html menjadi pondasi dasar pada halaman website. sebuah file HTML di di simpan dengan ekstensi .html (dot html) dan dapat di eksekusi atau diakses menggunakan web browser(Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain). seperti yang sudah di jelaskan HTML adalah dasar dari sebuah website. untuk membuat sebuah website tidak cukup hanya menggunakan HTML, kita memerlukan bantuan CSS, JavaScript dan PHP untuk membuat sebuah website yang dinamis. jika halaman website dibuat hanya menggunakan HTML saja maka halaman website tersebut di sebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsi-fungsi yang dapat mengelola website. tentu developer akan sangat di sibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin mengupdate artikel.
HTML memiliki beberapa element yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsi nya masing-masing. seperti tag heading, paragraf, pembuatan form, tombol, list, membuat hyperlink atau link yang menghubungkan antar halaman website dan banyak lagi lainnya yang akan saung-artikel.com bahas pada artikel belajar HTML dasar selanjutnya di saung-artikel.com.

Kegunaan HTML

HTML berfungsi sebagai pondasi sebuah halaman website. adapun yang dapat di lakukan dengan HTML adalah sebagai berikut :
  1. Membungkus element-element tertentu sesuai kebutuhan
  2. Membuat heading atau format judul
  3. Membuat Tabel
  4. Membuat List
  5. Membuat Paragraf
  6. Membuat  Form
  7. Membuat Tombol
  8. Membuat Garis
  9. Membuat huruf tebal
  10. Membuat huruf miring
  11. Menampilkan gambar
  12. Menampilkan video
  13. Dan banyak lainnya yang akan kita pelajari
Sampai saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. HTML5 sudah memiliki banyak sekali fitur tambahan salah satunya dengan HTML5 memungkinkan kita untuk membuat streaming video tanpa bantuan flash. untuk tutorial cara membuat streaming video dengan HTML5 juga akan kita bahas pada tutorial belajar HTML dasar pada artikel selanjutnya di Saung Artikel Bangsa. Belajar HTML Dasar Pengertian HTML
jadi kesimpulan dari pengertian HTML ini adalah HTML merupakan pondasi dasar dari sebuah pembuatan sebuah website. untuk mengeksekusi atau menjalankan file html harus menggunakan web browser.

Belajar HTML Part 2 : Memilih Text Editor

Belajar HTML Memilih Text Editor

Untuk anda yang baru mau belajar bahasa pemrograman, disini khusunya pemrograman web tentulah berfikir bagaimana saya membuat, dan apa yang harus saya gunakan untuk membuat  program ? berikut kami sediakan jawaban yang mungkin terbesit dalam hati/pikiran anda yang baru mau belajar bahasa pemrograman. sebelum kita memulai cara penulisan HTML terlebih dahulu yang harus anda sediakan adalah text editor dan browser.
Text Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode program, disini khususnya untuk penulisan kode program HTML itu sendiri. Text editor sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk penulisan kode HTML, seperti Nodepad yang disediakan oleh sistem operasi windows, TextEdit yang disediakan oleh sistem operasi Mac dan Nano yang disediakan oleh sistem operasi linux. Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft Word, King Soft, WordPerfect). Itu dikarenakan text editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format document serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk desktop publishing.
Browser merupakan aplikasi yang akan kita gunakan untuk menjalankan code program html yang sudah kita tulis. browser ini ialah syarat yang harus anda penuhi jika anda belajar web programing. untuk browser itu sendiri bisa digunakan yang sudah disediakan oleh sistem operasi langsung ataupun bisa juga digunakan aplikasi browser yang lain misalnya Mozilla Firefox, Opera, Chrome dan sebagainya. Belajar HTML Memilih Text Editor

Belajar HTML Memilih Text Editor

Berikut beberapa text editor yang kami sarankan untuk digunakan dalam penulisan code program bagi anda yang baru belajar bahasa pemograman.
  1. Sublime text. Text editor yang paling banyak digunakan oleh programer, editor ini memiliki tampilan yang elegan yang khas dengan warna kecoklatannya.  Editor ini tersedia untuk windows, Mac, dan Linux.
  2. Notepad++. Text editor ini khusus bisa digunakan untuk windows dan free lisensi (dalam artian bebas digunakan tanpa mengeluarkan biaya). Editor ini memili ciri khas tersendiri dan banyak fitur-fitur yang bisa diinstall di text editor ini.
  3. Atom. Text editor ini hampir sama dengan sublime namun text ini agak sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan sublime. Editor ini bisa digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux. untukanda yang ingin menggunakan text editor.
  4. Brackest. Text editor ini memiliki kriteria tersendiri dan hampir sama dengan Atom. editor ini bisa digunakan untuk Platform Mac, Windows dan Linux. untuk anda yang ingin bergelut dengan brackest.
  5. Netbeans.  Text editor ini merupakan salah satu favorit programer. namun text editor bisa di kategorikan lebih berat dari text editor lain yang disebutkan di atas. kemudahan text editor ini adalah tampilan kode program yang ditulis lebih rapi

Belajar HTML Part 3 : Mengenal Tag, Element, Atribut HTML 

Belajar HTML Mengenal Tag, Element, Atribut HTML

Stetelah pengenalan HTML, Text Editor pada tutorial sebelumnya. kini kita akan memasuki tutorial pengenalan dan penggunaan Tag, Element dan Atribut dalam HTMl. Ketiga pembahasan ini merupakan dasar dalam penulisan kode HTML atau dasar dari seluruh tampilan halaman web yang ada di internet.

Tag HTML

Tag merupakan kode yang digunakan untuk memperkenalkan pada web brawser untuk apa text HTML yang ditulis. HTML membutuhkan cara memperkenalkan text yang ditulis didalamnya kepada web brawser baik text itu berupa list, paragraf, link dan sebagainya. disinilah di gunakan tag. dalam penlisan tag, hampir semua menggunakan pembuka dan penutup tag, dimana objek yang dimaksudkan berada diantara pembuka dan penutup tag. berikut penulisan tag yang diguanakan dalam HTML

<tag>Objek yang diisi</tag> 

Perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup yaitu, pada tag pembuka diawali kurung sudut pembuka, tag yang dimaksud, dan diakhiri dengan kurung sudut penutup. sedangkan pada penutup tag itu diawali dengan kurung sudut pembuka, backslash, tag yang dimaksud, dan diakhiri dengan penutup kurung sudut.

Kalian bisa mengenal kamus HTML dan fungsinya dsini

Belajar HTML Part 4 : Heading Pada HTML

Belajar HTML Heading Pada HTML

Heading merupakan element atau tag HTML yang berfungsi untuk menunjukkan bagian penting pada halaman web. element tag heading ini memiliki enam tingkatan tyang berurutan yaitu <h1>,<h2>,<h3>,<h4>,<h5>,<h6> yang bisa digunakan untuk menambah ke struktur halaman web. perbedaan masing-masing heading yaitu besar hingga kecil teks. contohnya tag/element <h1> lebih besar dari element/tag <h2> dan seterusnya.
Penggunaan masing-masing heading juga berbeda, berikut penggunaan masing-masing tag/element heading yang sering digunakan pada pengolahan halaman web :
  1. <h1> heading yang digunakan untuk penulisan judul utama dari dokument
  2. <h2> heading yang digunaakan sebagai sub <h1>
  3. <h3> heading yang digunakan sebagai sub <h2>
  4. untuk penggunaan <h4><h4><h5><h6> tergantung peogramer sendiri untuk memperindah halaman web.
kesimpulannya : salah fungsi dari tag hading ini adalah untuk merapikan struktur penulisan dalam HTML, misalkan penulisan judul yang menggunakan text yang lebih besar dari sub judul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *