SEO

Belajar Tentang Search Engine Optimization (SEO)

SEO sendiri yaitu proses yang dilakukan dengan cara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik untuk visitor melalui mesin pencari menuju situs web

Pengertian dari SEO sendiri yaitu proses yang dilakukan dengan cara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik untuk visitor melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma dari search engine google, yahoo, bing dan lainnya.SEO sangat bisa memusingkan untuk para pemula, jadi saya dirasa perlu untuk membuat panduan yang bisa menuntun teman-teman blogger pemula untuk melakukan SEO secara bertahap. Diharapkan anda bisa belajar SEO dengan lebih mudah jika anda melakukan tahap demi tahap dari tutorial SEO ini. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website. SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau Optimisasi Mesin Pencari. SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet.

Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan. Pada kesempatan selanjutnya saya akan posting mengenai Pengertian SEO On Page dan Off Page. Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll). Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithma sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates.
CARA KERJA SEARCH ENGINE

Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui apa itu SEO. SEO adalah sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa SEO adalah segala upaya yang dilakukan untuk membuat halaman web kita menjadi ranking di mesin pencari yang dikehendaki.
Tujuan dari melakukan SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa orang mencari trafik? Alasan pada umumnya adalah trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya.
Masalah terbesar dari orang-orang yang belajar SEO adalah mau cepat jadi master tapi tidak mau melalui prosesnya. Jika anda mempunyai cara pandang seperti itu, maka ada baiknya anda membuangnya, karena cara pandang seperti itu justru akan membuat anda berputar-putar di tempat. Anda harus mau melalui proses di dalam belajar SEO dengan benar, jika anda mau berhasil. Luangkan waktu 1 sampai 2 bulan ke depan untuk melakukan setiap tahap dengan benar.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami cara kerja dari mesin pencari. Mereka yang tidak paham dengan cara kerja mesin pencari akan cenderung berpikir optimasi SEO yang dilakukannya tidak berhasil, dan mereka berhenti di tengah jalan. Jadi di sini saya merekomendasikan anda membaca artikel di bawah ini.

Hal Penting Dalam Usaha Optimasi SEO
Terakhir; dalam usaha anda memahami SEO dan cara kerja search engine; anda harus berkenalan dengan 3 algoritma Google yang paling sering menjadi topik di dunia SEO. Anda perlu mengetahui ini agar anda tidak melanggar batas-batas yang bisa mendatangkan penalty di dalam optimasi SEO anda nantinya.

Membuat Blog Dengan Satu Niche atau Banyak Niche

Niche atau topik adalah sesuatu yang perlu anda perhatikan saat anda belajar SEO untuk membuat website atau blog. Niche adalah market atau pasar tertentu. Sebagai contoh; otomotif dan kuliner adalah niche yang berbeda. Di dalam satu Niche seperti otomotif pun ada niche-niche yang lebih spesifik lagi, seperti mobil, motor, balap, dll
Setiap niche mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, dan market yang berbeda pula. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan jika anda mau membuat sebuah website dengan banyak niche, dan oleh karena itu saya mengajak anda membaca artikel di bawah ini.

Melakukan Riset Keyword

Setelah anda belajar apa itu SEO dan cara kerja Search Engine; anda juga sudah belajar batasan algoritma yang harus anda perhatikan, maka langkah selanjutnya adalah mengenal istilah kata kunci. Kata kunci adalah sesuatu yang diketikkan oleh pengguna Google saat mencari sesuatu.
Sebagai contoh website yang menjual kamera ingin menguasai kata kunci: JUAL ONLINE KAMERA, dan masih banyak lagi variasi kata kunci lainnya. Satu hal yang menjadi masalah adalah tidak semua kata kunci itu mempunyai jumlah pencarian yang besar, jadi anda harus menentukan kata kunci apa yang menjadi target utama dari optimasi SEO anda.
2 hal yang cukup umum berlaku di kata kunci adalah:
  1. Semakin pendek, maka semakin keras pula persaingannya
  2. Keras persaingan tidak menentukan nilai komersil kata kunci. Jadi berusahalah mencari kata kunci komersil yang belum dilirik banyak orang (persaingan rendah)
OPTIMASI SEO ONPAGE

Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci, dan kata kunci apa yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website anda. Jika anda salah dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja lebih keras untuk memenangkan kata kunci tersebut.
Silahkan anda belajar teknik SEO onpage di bawah ini. Mungkin anda memerlukan sedikit pengetahuan HTML untuk melakukannya. Jika anda mempunyai masalah dalam melakukan editing, anda bisa masuk ke forum-forum blogger di facebook dan bertanya, atau bahkan meminta bantuan editan.
Mencari Backlink Dengan Kualitas Terbaik

Setelah anda membenahi halaman website anda, maka langkah selanjutnya adalah menambah reputasi online anda di internet. Anda bisa menambah otoritas dari domain atau halaman web anda dengan menambahkan backlink yang merujuk halaman web anda.
Backlink adalah tautan atau link di halaman website lain, yang jika diklik akan membuka halaman dari website dioptimasi. Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka akan semakin banyak sumber poin yang diperlukan untuk mendapatkan ranking.
Ini adalah proses tersulit saat anda belajar SEO, karena ini memerlukan begitu banyak varian teknik,d an juga bisa sangat memakan waktu. Saya sangat merekomendasikan anda belajar cara mendapatkan backlink dari artikel di bawah ini.
Gunakan Tools Gratis Untuk Meningkatkan SEO

Tentunya anda memerlukan tools untuk membantu anda mendapatkan data-data yang penting saat melakukan optimasi SEO. Saya memberikan tools yang gratis saja, karena kebanyakan blogger tidak mau mengeluarkan biaya mahal jika mereka tidak yakin bagaimana cara menggunakannya, dan apakah itu benar-benar ada gunanya.

Jadi silahkan membaca artikel di bawah ini dengan seksama, agar anda mengetahui cara menggunakan tools ini dengan benar.

Manfaat SEO untuk Blog/Website

Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website anda (Sistem Kepercayaan). Lainnya anda dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya.

Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  1. Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci
  2. Pelanggan terus berdatangan ke website
  3. Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan anda sebagai publisher
  4. Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  5. Bisnis di dalam website menjadi berkembang
  6. Penjualan produk akan semakin meningkat
  7. Adanya timbal balik ke website affiliate produk
  8. dan lainnya
Sebenarnya ada banyak sekali hal yang didapat bila anda mengembangkan website atau blog ditambah dengan Teknik SEO. Bila sepenggal artikel Pengertian SEO masih terasa kurang, berikut ini link referensi Pengertian SEO.

Referensi Pengertian SEO
  1. Moz.com/Blog
  2. Searchenginejournal.com
  3. Blog.kissmetrics.com
  4. Searchengineland.com
  5. Agateseo.com
  6. Id.wikipedia.org
  7. SEOGereggi.com
  8. dan lain-lain
Sampai sekarang pun perkembangan algoritma Search Engine Google terus di update membuat nilai relevan dan kenyamanan pengguna ditingkatkan. Hal ini yang membuat para pemilik website yang menggunakan teknik SEO yang berbahaya akan segera tersingkir dengan sendirinya. Maka dari itu muncul berbagai teknik baru yang pastinya akan lebih mementingkan kualitas on page dan off page website. Adapun update dan hal baru membuat pemilik website kebingungan menjalankan teknik SEO yang membuat waktu terbuang karena mencoba berbagai teknik yang menyulitkan.
Sebenarnya Anda dapat menggunakan berbagai Jasa SEO Terpercaya yang tersebar di Google. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk memastikan waktu dan biaya yang digunakan selaras dengan hasil dari jasa seo yang digunakan. Sekian informasi mengenai Pengertian dari SEO atau Search Engine Optimization. Semoga artikel ini dapat membuat anda mengerti sedikit demi sedikit mengenai apa itu SEO.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari Mesin Pencari Berbasis Google:

  1. AOL Search
  2. CompuServe Search
  3. MySpace Search
  4. Mahalo.com
  5. Netscape
  6. Ripple

Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari Mesin Pencari Berbasis Yahoo:
  1. AltaVista
  2. AlltheWeb
  3. GoodSearch
  4. Rectifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *